5 Makanan yang Paling Bernutrisi Di Dunia

Kta semua mempunyai kualifikasi yang berbeda-beda dalam menentukan tidak bernutrisinya suatu makanan. Celakanya, makanan-makanan yang tidak bernutrisi ini seringkali adalah favorit kita, misalnya burger, spaghetti, coklat, keripik kentang, tacos, dan lain-lain. Ketika dikonsumsi setiap hari, makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan naiknya berat badan serta masalah kesehatan lainnya.

Diet yang sering direkomendasikan adalah pola makan seimbang yang berisi beragam makanan dari berbagai kelompok makanan. Tetapi, makanan berikut ini memiliki potensi tinggi untuk menjadi makanan paling bernutrisi di dunia, dan beberapa manfaatnya mungkin mengejutkan Anda. Mari simak 13 makanan di bawah ini:

  1. Kubis

Anda mungkin tidak akan terkejut lagi saat kubis termasuk dalam makanan paling bernutrisi. Selain rendah kalori dan bebas lemak, kubis dipenuhi dengan vitamin, mineral, antioksidan, dan serat alami. Sayang melewatkan makanan ini dalam menu makan Anda. Jika Anda merasa terganggu dengan rasanya yang pahit, Anda bisa menmbahkan kubis ke dalam semur atau saus.

  1. Rumput laut

Rumput laut sebenarnya adalah makanan yang sangat bergizi. Rumput laut bahkan sudah menjadi bagian penting dari pola makan sehat selama berabad-abad. Sayangnya, di beberapa negara, seperti di Amerika, rumput laut hanya menjadi pelengkap hidangan sushi saja.

Sedikit memalukan jika rumput laut hanya dijadikan pelengkap sushi, tanpa tahu bahwa rumput laut mengandung mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan mangan, beberapa di antaranya tidak dapat ditemukan dengan mudah di banyak jenis buah atau sayuran lainnya.

Rumput laut juga memiliki banyak antioksidan yang berpotensi mengurangi peradangan dan membantu Anda untuk pulih dari kondisi kesehatan tertentu.

  1. Bawang Putih

Kepopuleran bawang putih—karena mudah ditemui dan harganya cukup terjangkau—sebanding dengan manfaat yang diberikannya. Bawang putih tinggi akan vitamin C, B1, dan B6.

Juga, bawang putih kaya akan calcium, kalium, copper, manganese,  dan selenium. Para ilmuwan terus menyelidiki manfaat bawang putih terhadap kesehatan, dan tampaknya masih banyak lagi manfaat bawang putih yang belum terungkap.

  1. Kerang

Kenapa kerang? Mungkin pertanyaan ini yang terbesit dalam pikiran Anda saat ini. Jika Anda mencari makanan yang benar-benar bergizi, carilah makanan yang tinggi akan protein, vitamin, dan nutrisi tetapi relatif rendah lemak dan kalori.

Nah, kerang memenuhi semua kriteria tersebut. Sebagai contoh, kerang dianggap sebagai salah satu sumber vitamin B12 terbaik, yang secara langsung dapat mempengaruhi tingkat energi kita. Sementara tiram, tinggi akan zinc, tembaga dan vitamin D.

Fakta juga menunjukkan bahwa kerang rendah akan kalori dan lemak, namun sangat tinggi akan protein, menjadikannya salah satu makanan tersehat.

  1. Salmon

Salmon mengandung banyak asam lemak omega-3, yang telah terbukti dapat meningkatkan fungsi otak dan bahkan dapat mencegah timbulnya beberapa penyakit serius. Salmon juga tinggi magnesium, kalium, dan selenium, mineral yang semuanya sangat baik untuk kesehatan Anda.

Sumber: https://www.deherba.com/diet-sehat-cara-memilih-makanan-bernutrisi.html